Home » » Manfaat Teh Untuk Tubuh

Manfaat Teh Untuk Tubuh

Manfaat teh untuk tubuh sangat banyak, seperti sudah dijelaskan pada ulasan sebelumnya tentang Manfaat Teh Hijau Bagi Kesehatan Tubuh. Namun kali ini kita akan membahas manfaat positif untuk teh secara global, karena teh sendiri memiliki banyak jenis serta manfaatnya berbeda.

Zat-zat yang terkandung di dalam teh ada beberapa macam dengan manfaatnya sendiri-sendiri. Mari kita bahas zat-zat yang terkandung di dalam teh serta manfaatnya bagi tubuh.

Manfaat Teh Untuk Tubuh
Daun Teh

1.Polifenol

Polifenol adalah antioksidan jenis bioflavonoid yang efektifitasnya lebih dari 100 kali bila dibandingkan dengan Vitamin C dan 25 kali dari Vitamin E. Manfaat polifenol antara lain :

  • dapat menurunkan kolesterol dalam tubuh
  • dapat menurunkan kadar gula serta tekanan darah
  • dapat mencegah terbentuknya batu empedu serta membantu kerja ginjal
  • dapat membantu memperlancar pencernaan
  • dapat melarutkan lemak serta dapat mencegah kolesterol jahat


2.Kafein

Kafein yang terkandung di dalam teh jumlahnya lebih sedikit bila dibandingkan dengan kopi. Beberapa manfaat baik kafein antara lain :

  • memperlancar darah ke otak, karena kafein bersifat mild stimulant yang bekerja pada sistem syaraf pusat.
  • dapat meningkatkan tingkat ingatan, cognitif performance, feeling of pleasan dan mood. akan sangat terasa manfaatnya bila dikonsumsi secara teratur.


3.Essential Oil

Protein yang terkandung dalam teh sangat besar perannannya dalam pembetukan aroma. Manfaat Essential Oil :

  • mampu melarutkan lemak
  • dapat membantu memperlancar pencernaan serta peredaran darah


Manfaat teh untuk tubuh tidak hanya seperti disebutkan di atas. Namun lebih daripada itu, kandungan polifenol di dalam teh juga mampu mencegah terjadinya penyakit kanker. Sebab senyawa polifenol bisa memberikan perlindungan kepada zat karsinogenik. Adalah ECCG (epigallocatechin gallate) yang merupakan senyawa aktif yang terkandung di dalam teh hijau.

Dalam berbagai studi yang membahas tentang manfaat teh bagi tubuh mengatakan bahwa berbagai macam penyakit kanker dapat dicegah hanya dengan mengkonsumsi setidaknya dua gelas dalam sehari. Selain mampu mencegah terjadinya penyakit kanker, teh juga dapat mencegah serta menyembuhkan ganggunan yang terjadi pada ginjal. Teh mampu menetralisir radikal hidroksil yang menyebabkan gangguan metabolisme protein pada ginjal. Resiko terjadinya penyakit kardiovaskular juga mampu ditekan dengan mengkonsumsi teh.

Jadi pada intinya manfaat teh untuk tubuh sangat banyak karena berbagai zat yang terkandung di dalam teh itu sendiri. Semoga ulasan kali ini tentang manfaat teh dapat bermanfaat bagi Anda semua, dan dapat memberikan edukasi positif tentang teh.
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Tehlista

0 comments:

Post a Comment

Artikel Terkait

 
Support : Cell Phone Wallpapers
Copyright © 2012. Tehlista Ahlinya Teh - All Rights Reserved
Template Modify by Mas Aan
Proudly powered by Blogger