Home » » Apa Yang Kamu Ketahui Tentang Teh

Apa Yang Kamu Ketahui Tentang Teh

Apa Yang Kamu Ketahui Tentang Teh - Teh merupakan minuman yang berasal dari daun tanaman teh atau dalam bahasa ilmiahnya disebut Camelia sinensis. Daun yang masih muda dipetik dan dikeringkan untuk selanjutnya dikemas menjadi bahan minuman siap saji. Cara membuat minuman teh adalah menyeduhnya dengan air panas. Minuman teh ini mengandung kafein seperti halnya kopi.

Istilah "teh" juga sering digunakan untuk menamai sebuah minuman yang berasal dari rempah-rempah, buah-buahan maupun tanaman obat lain yang penyajiannya juga diseduh menggunakan air panas. Sebagai contoh ada sebutan untuk teh rosela yang berasal dari bunga Rosela, camomile, krisan, jiaogulan, dan masih banyak lagi lainnya.

Kafein, teolifin, dan antioksidan merupakan kandungan alami yang terdapat di dalam teh. Dan teh mempunyai kadar lemak, karbohidrat, serta protein mendekati nol persen. Teh akan terasa sedikit nikmat apabila dinikmati dengan rasa yang agak pahit (tidak terlalu manis).

Di Indonesia racikan teh dengan campuran kuncup bunga melati adalah salah satu yang sangat populer di kalangan masyarakat. Teh seperti ini biasa disebut dengan nama teh melati. Meskipun Indonesia merupakan negara penghasil teh terbesar kelima di dunia, tetapi konsumsi teh hanya sebesar 0,8 kilogram per kapita per tahunnya, sangat jauh bila dibandingkan dengan negara-negara lain di dunia.

kebun teh
Tanaman Teh

Sejarah dan Perkembangan Teh


Pohon teh untuk pertama kalinya ditemukan di negeri Cina tepatnya di propinsi Yunnan, di daerah sebelah barat daya Cina. Daerah tersebut secara keseluruhan merupakan hutan jaman purba yang memiliki iklim wilayah tropis dan sub tropis. Daerah yang hangat serta lembab seperti itu memang merupakan tempat yang sangat cocok untuk tanaman teh, bahkan di daerah itu ditemukan tanaman teh yang berumur sekitar 2.700 tahun dan selebihnya tanaman teh yang ada rata-rata telah mencapai umur lebih dari 800 tahun.

Ada sebuah legenda yang menceritakan seorang bernama Shennong yang merupakan cikal bakal pertanian dan ramuan obat-obatan, adalah juga menjadi penemu teh ini. Diceritakan dalam sebuah buku bahwa Dia secara langsung mencoba berbagai ramuan herbal dan menjadikan teh sebagai penawar apabila terkena racun dari ramuan yang dicobanya. Dia meninggal karena belum sempat meminum teh saat mencoba sebuah ramuan yang ternyata mengandung racun, racun itu menyebabkan organ tubuhnya meradang.

Di negeri Cina pada awal mulanya teh digunakan sebagai bahan obat. Mengunyah adalah kebiasaan yang dilakukan orang Cina pada waktu itu untuk menikmati citarasa yang dihasilkan dari daun teh. Teh juga biasa digunakan untuk berbagai macam masakan serta campuran sop.

Teh mulai diolah pada masa pemerintahan dinasti Han (221 SM - 8 M). Teh mulai dibentuk membulat, dikeringkan lalu disimpan dengan proses yang sangat sederhana. Mereka juga sering menyeduh teh dengan campuran ramuan lain, seperti jahe. Lebih jauh lagi kebiasan minum teh dijadikan tradisi untuk menjamu para tamu.

Hingga seiring bergulirnya waktu tradisi minum teh inipun menyebar ke berbagai penjuru dunia mulai dari Jepang, Inggris, Amerika dan masih banyak negara barat lainnya. Saat ini, teh merupakan sebuah minuman yang sangat digemari di seluruh dunia.
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Tehlista

0 comments:

Post a Comment

Artikel Terkait

 
Support : Cell Phone Wallpapers
Copyright © 2012. Tehlista Ahlinya Teh - All Rights Reserved
Template Modify by Mas Aan
Proudly powered by Blogger