Home » , » Manfaat Dan Khasiat Teh Rosela Untuk Kesehatan

Manfaat Dan Khasiat Teh Rosela Untuk Kesehatan

Teh Rosela bukan berasal dari daun teh seperti biasanya, tetapi dari bunga Rosela atau dalam bahasa latin disebut Hisbiscus sabdariffa. Bunga ini berasal dari benua Afrika. Pada awalnya bunga cantik yang juga sebagai tanaman hias ini diseduh sebagai minuman hangat saat musim dingin dan sebagai kinuman dingin saat musim panas. Di negara asalanya, Afrika, rosela biasa biduat sebagai selai ataupun jeli. Bahan yang dibuat selai atau jeli berasal dari serat yang terkandung di dalam kelopak bunga rosela. Beda lagi untuk di Jamaika, rosela dibuat salad buah dan dikonsumsi mentah. Namun kadang kala dimakan dengan dicampur kacang tumbuk atau direbus sebagai isi kue setelah dimasak dengan gula.

manfaat-teh-bunga-rosela
Teh Bunga Rosela

Bunga Rosela mempunyai nama berbeda-beda di lain negara. Di Indonesia dikenal dengan sebutan Rosela atau Rosella, untuk di negara Australia diketahui dengan nama Rosella atau buah Rosella (Rosella Fruit). Demikian pula untuk di India, Myanmar, Kanada, Perancis, hingga Arab mempunyai sebutan yang berbeda.

Thailand dan China adalah negara produsen terbesar yang memasok ke seluruh dunia. Thailand berani memproduksi rosela dengan kualitas unggul, sebaliknya rosela produksi China kurang begitu unggul, kurang terkontrol, dan kurang dipercaya. Sebenarnya hasil rosela terbaik berasal dari Sudan, hanya saja kuantitas rendah ditambah pengolahan produk yang buruk membuat kualitasnya kurang maksimal. Di negara-negara seperti Meksiko, Mesir, Senegal, Mali, serta Jamaika, rosela juga diproduksi secara umum dan masih terbatas untuk konsumsi dalam negeri.

Manfaat dan khasiat Teh Rosela sangat beragam, diantaranya untuk menurunkan asam urat, hipertensi, diabetes melitus, dapat melangsingkan tubuh, memperbaiki metabolisme tubuh, serta masih banyak lagi yang lainnya. Bagian kelopak rosela secara tradisional juga berguna sebagai antibiotik, aprodisiak (peningkat gairah seksual), diuretik (melancarkan saluran kencing), pelarut, penenang, dan tonik. Chau-Jong Wang, seorang ilmuwan dari Chung San Medical University di Taiwan melakukan sebuah penelitian bahwa mengkonsumsi rosela secara teratur dapat mengurangi resiko penyakit jantung. Bunga tersebut secara klinis terbukti bisa mengurangi jumlah plak yang menempel di pembuluh darah. Kadar kolesterol dalam darah atau biasa disebut LDL serta lemak dalam tubuh juga dapat dikurangi dengan rutin mengkonsumsi Teh Rosela ini.

Sebenarnya masih banyak lagi manfaat dan khasiat Teh Rosela yang belum ditulis di sini, tapi akan kita bahas di artikel lain nanti. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda para pembaca.
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Tehlista

1 comments:

  1. ingin mendapatkan uang banyak dengan cara cepat ayo segera bergabung dengan kami di f4n5p0k3r
    Promo Fans**poker saat ini :
    - Bonus Freechips 5.000 - 10.000 setiap hari (1 hari dibagikan 1 kali) hanya dengan minimal deposit 50.000 dan minimal deposit 100.000 ke atas
    - Bonus Cashback 0.5% dibagikan Setiap Senin
    - Bonus Referal 20% Seumur Hidup dibagikan Setiap Kamis
    Ayo di tunggu apa lagi Segera bergabung ya, di tunggu lo ^.^

    ReplyDelete

Artikel Terkait

 
Support : Cell Phone Wallpapers
Copyright © 2012. Tehlista Ahlinya Teh - All Rights Reserved
Template Modify by Mas Aan
Proudly powered by Blogger