Home » » Teh Poci, Cara Unik Menikmati Teh

Teh Poci, Cara Unik Menikmati Teh

Teh Poci, Cara Unik Menikmati Teh - Teh Poci merupakan cara unik dalam menikmati teh di daerah Tegal dan sekitarnya. Tradisi ini sudah ada sejak jaman dahulu. Pada dasarnya Teh Poci adalah menikmati teh dengan cara menyeduhnya di dalam sebuah poci (cerek kecil) yang terbuat dari tanah liat dengan dicampur gula batu. Teh Poci biasa dinikmati dalam keadaan panas-panas.

Dalam tradisi minum teh dengan poci ini ada istilah "WASGITEL" yang merupakan sebuah singkatan dari wangi, panas, sepet, legi (manis), lan (dan) kenthel (kental). Atau dalam bahasa Indonesia secara gampangnya bisa diartikan teh panas, manis, wangi dan beraroma bunga melati berwarna hitam pekat.

cara-unik-menikmati-teh-poci
Teh Poci


Teh Poci biasanya dibuat menggunakan teh (hijau) dengan campuran bunga melati, sehingga menghasilkan aroma yang khas. Teh Poci sangat cocok untuk dinikmati di pagi atau sore/malam hari dengan ditemani camilan.

Poci yang biasa digunakan untuk penyajian minuman teh tersebut biasanya tidak dicuci, hanya dibuang sisa tehnya saja. Hal ini sangat dipercaya masyaraat Tegal bahwasannya kerak sisa teh tadi akan semakin menambah cita rasa serta aroma teh poci menjadi semakin enak bila digunakan lagi.

Bila Anda berkunjung ke Kota Tegal alangkah baiknya mencoba cara unik minum teh dengan menggunakan poci ini, atau biasa disebut dengan teh poci. Banyak warung-warung di pinggir jalan yang menyajikan minuman ini, terlebih pada sore/malam hari.

Anda juga dapat membeli teh poci di toko oleh-oleh khas Tegal, biasanya dijual dalam bentuk paket yang terdiri dari teh, poci serta cangkir yang terbuat dari tanah liat.

Demikian ulasan tentang "Teh Poci, Cara Unik Menikmati Teh" asli Tegal ini, semoga bisa menambah wawasan kita dalam cara menikmati minuman teh. Untuk daerah lain mungkin juga mempunyai tradisinya masing-masing yang unik dalam menikmati minum teh.

Semoga bermanfaat.
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Tehlista

2 comments:

Artikel Terkait

 
Support : Cell Phone Wallpapers
Copyright © 2012. Tehlista Ahlinya Teh - All Rights Reserved
Template Modify by Mas Aan
Proudly powered by Blogger