Home » , » Kandungan Teh Hijau Buruk Bagi Ibu Hamil

Kandungan Teh Hijau Buruk Bagi Ibu Hamil

Teh adalah salah satu minuman yang baik bagi kesehatan tubuh. Antioksidan yang terkandung di dalamnya mampu mencegah penuaan dini, tapi bagi wanita banyak dimanfaatkan sebagai penurun berat badan. Namun ternyata kandungan teh hijau buruk bagi ibu hamil. Hal ini dikarenakan perkembangan janin serta kesehatan janin justru dapat terganggu karena kandungan antioksidannya.

kandungan-teh-hijau-buruk-bagi-ibu-hamil
Ibu Hamil & Teh Hijau

Berikut gangguan kehamilan akibat terlalu sering mengkonsumsi teh hijau: 


  • Dapat menurunkan kadar asam folat. Penurunan asam folat yang terjadi apabila terlalu sering mengkonsumsi teh hijau  tidak baik bagi ibu hamil, karena akan mengganggu perkembangan otak si janin sehingga akan terjadi bayi lahir cacat tabung syaraf.
  • Kandungan kafein di dalam teh meskipun tidak terlalu tinggi seperti pada kopi. Sebaiknya konsumsi teh hijau dikurangi bagi ibu hamil agar tekanan darah selalu stabil.
  • Terlalu banyak konsumsi teh hijau akan mempengaruhi penyerapan zat besi dari sayuran yang dimakan. Hal tersebut dapat mengakibatkan ibu hamil kekurangan darah atau anemia. Padahal justru pada waktu kehamilan zat besi sangatlah penting bagi perkembangan janin.
  • Berat badan janin dapat terpengarung. Seperti kita ketahui teh hijau banyak digunakan untuk mengurangi berat badan, oleh sebab itu jika ibu hamil terlalu sering mengkonsumsi teh hijau maka berat serta besar janin di dalam kandungan akan terpengaruh.
  • Kandungan kafein yang bersifat diuretik. Sepeti halnya pada kopi, kandungan kafein di dalam teh yang bersifat diuretik sehingga dapat mempengaruhi intensitas buang air kencing yang terlalu sering. Jika tidak diimbangi dengan minum air putih yang banyak, maka ibu hamil dapat mengalami dehidrasi. Hal ini tidak boleh terjadi mengingat pengaruh kesehatan bayi yang dikandung.
  • Kandungan kafein ditakutkan justru akan masuk ke dalam sirkulasi darah sehingga berpengaruh pada plasenta bayi. Apabila kafein masuk ke dalam plasenta bayi, maka metabolisme akan terganggu, sebab belum mampu mencegah kafein masuk, dan pada akhirnya justru menjadi racun bagi janin.


Bahaya lain juga dapat terjadi pada ibu menyusui, karena kandungan kafein dalam teh hijau dapat menjadi racun serta akan berkurangnya jumlah ASI yang dihasilkan. Pencernaan bayi yang belum sempurna juga dapat terpengaruh apabila kafein masuk ke dalam tubuh. Gangguan yang biasa terjadi antara lain menyerang bagian usus yang mengakibatkan kejang atau bayi menangis dan tak kunjung berhenti.

Semoga banyak ibu-ibu yang membaca artikel tentang "Kandungan Teh Hijau Buruk Bagi Ibu Hamil" ini agar lebig aware apabila sedang mengalami kehamilan. Semoga bermanfaat.
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Tehlista

0 comments:

Post a Comment

Artikel Terkait

 
Support : Cell Phone Wallpapers
Copyright © 2012. Tehlista Ahlinya Teh - All Rights Reserved
Template Modify by Mas Aan
Proudly powered by Blogger